Minggu, 13 September 2015

KETELADANAN ORANG TUA DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP AKHLAK ANAK



A.    PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
Anak shaleh dan berakhlakul karimah menjadi dambaan setiap orang tua. Allah swt mengajarkan agar orang tua berupaya sungguh-sungguh dan berdoa agar termasuk orang yang shaleh, bersyukur dan mendapatkan generasi yang shaleh.
Permasalahan yang muncul sekarang ini, seperti maraknya kekerasan, perilaku korupsi, perusakan lingkungan, etika dan moral yang semakin menipis, serta kurangnya tanggung jawab, itu semua karena kurangnya keteladan yang diberikan oleh para orang tua, pemimpin, pemuka agama, lingkungan, budaya, dan ditambah lagi penggunaan media elektronik seperti sekarang ini, semua itu bermuara dari keluarga, karena keluaga adalah awal pendidikan sebagai pembentuk akhlak dasar seorang anak.
Dalam Islam keluarga dinilai sebagai unit sosial dasar masyarakat muslim yang menjadi bagian penting dalam tata kehidupan. Tapi ada sebagian orang tua yang menafsirkan kasih sayang dengan mencukupi kebutuhan materi semata, dan secara tidak langsung ini mendukung anak untuk berperilaku hura-hura dan akhirnya terjerumus kedalam hal-hal negatif lainnya. Sesungguhnya materi tidaklah menjadi jaminan terciptanya mentalitas dan akhlak anak yang berbudi luhur. (Stave Chalke, 2005: 6-7)
Ibu adalah sosok yang memiliki peran sangat besar dalam sebuah keluarga. Menjadi ibu itu mudah, namun menjadi ibu yang bisa menjadi teladan bagi anak-anaknya tidak semudah menulis atau mengucapkannya.  Pada kenyataannya banyak para orang tua khususnya ibu tidak mempunyai waktu untuk anak-anak mereka karena sibuk dengan urusan mengejar dunia, bahkan lebih parahnya lagi anak hanya dipercayakan kepada seorang pengasuh.
Keteladanan orang tua khususnya ibu merupakan bagian terpenting dalam membentuk karakter anak, karakter keluarga. Karena waktu kebersamaan ibu dengan anak lebih banyak dibandingkan dengan ayah. Dimulai sejak anak masih berada di dalam kandungan.
Sebagai orang tua kita bisa memiliki multi fungsi bagi anak-anak kita. Adakalanya kita harus menjadi seorang motivator  ulung, disaat yang lain kita dituntut untuk mampu menjadi seorang dokter, untuk menganalisa dan mengobati tingkah anak sesuai dengan dosisnya, kita juga perlu menjadi komunikator yang bisa menjembatani permasalahan anak-anak kita.

2.      Rumusan Masalah dan Batasan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah di uraikan di atas maka dapat dirumuskan permasalahannya yaitu semakin menipisnya akhlak akibat kurangnya keteladanan.
Mengingat luasnya cakupan tentang keteladanan dan keterbatasan untuk membahasnya, maka penulis membatasi permasalahannya yaitu Keteladanan Orang Tua dan Implementasinya Terhadap Akhlak Anak.


B.     PEMBAHASAN

1.      1. Pengertian Keteladanan
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Keteladanan berasal dari kata “teladan” yang artinya sesuatu atau perbuatan yang patut ditiru atau dicontoh. (Ananda Santoso: 411)
Secara psikologis ternyata manusia memerlukan tokoh teladan dalam hidupnya, ini merupakan sifat pembawaan manusia. Peneladanan ini ada dua macam yaitu sencara segaja dan tidak sengaja. Keteladanan secara sengaja dilakukan secara formal seperti memberikan contoh untuk melalukan sholat yang benar dan sebagainya, sedangkan keteladanan secara tidak sengaja dilakukan secara nonformal seperti sifat ikhlas. Tapi keteladanan yang dilakukan secara tidak formal kadang-kadang berpengaruh lebih besar dari pada keteladanan secara formal. (Sudiyono, 2009: 288)
Konsep keteladanan ini sudah diberikan dengan cara Allah SWT mengutus Nabi Muhammad Saw untuk menjadi panutan yang baik bagi ummat islam sepanjag sejarah dan bagi manusia sepanjang masa. Untuk itu para orang tua harus lebih memahami tentang keteladanan ini, agar anak-anaknya memiliki akhlakul karimah.
Hal ini juga dijelaskan Allah Swt dalam Al-Qur’an
لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا
yang artinya: “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. (QS Al-Ahzab: 21)

2.      Pengertian akhlak
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia “Akhlak” artinya tabiat, watak, budi pekerti, moral. (Ananda Santoso: 411)
Sedangkan dalam bahasa Arab Akhlak merupakan jama’ dari “Khuluq” yang mengandung beberapa arti yaitu sebagai berikut : (Imam Abdul Mukmin Sa’aduddin, 2006: 15)
a.       Tabiat, yaitu sifat dalam diri yang terbentuk oleh manusia tanpa dikehendaki dan diupayakan.
b.      Adat, yaitu sifat dalam diri yang diupayakan manusi melalui latihan, yakni berdasarkan keinginan.
c.       Watak, yaitu cakupannya meliputi hal-hal yang menjadi tabiat dan hal-hal yang diupayakan hingga menjadi adat.
Sedangkan secara terminologi, Haji seorang khalifah dibidang akhlak pernah mengutip pendapat Ibnu Shadaruddin Asy Syarwan, yang berkata “Akhlak adalah ilmu tentang perbuatan-perbuatan mulia serta cara memiliki perbuatan tersebut agar menghiasi diri, dan ilmu tentang perbuatan-perbuatan buruk serta cara menjauhinya agar diri bersih darinya.” ((Imam Abdul Mukmin Sa’aduddin, 2006: 15)
Sedangkan Ibnu Maskawih dalam kitabnya “Tahdzib Al Akhlak” menyebutkan bahwa “Akhlak adalah suatu keadaan dalam diri yang mengajaknya kepada berbagai tindakan tanpa perlu berfikir dan pertimbangan.”
Dari berbagai penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa Akhlak yaitu ilmu yang membahas tentang perbuatan mulia serta cara mengupayakan perbuatan tersebut dan tentang perbuatan buruk serta menjauhinya.
Dalam Islam Akhlak menempati kedudukan yang sangat penting  dan dianggap memiliki fungsi yang sangat fital dalam memandu kehidupan didunia serta cara berinteraksi dengan makhluk hidup yang ada dibumi. Sebagaimana dijelaskan Allah Swt dalam Al-Qu’an Surah An-Nahl Ayat 90 yang artinya : “Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran”.
Pendidikan Akhlak dalam Islam diperuntukan bagi manusia yang merindukan kebahagian dalam arti yang hakiki bukan kebahagian yang semu. Akhlak Islam adalah akhlak yang benar-benar memelihara eksistensi manusia sebagai mahkluk terhormat sesuai dengan fitrahnya, sebagaimana Rasulullah Saw menjelaskan dalam Sabdanya yaitu : “Kamu tidak bisa memperoleh simpati semua orang dengan hartamu tapi dengan wajah yang menarik simpati dan dengan akhlak yang baik.” (HR Abu Yu’la dan Al-Baihaqi)
Kualitas Akhlak seseorang dapat dinilai dari tiga aspek yaitu sebagai berikut : (Abdul Majid,  dan Dian Andayani, 2011: 60) 
a.      Konsistensi yang dikatakan dengan yang dilakukan dengan kata lain adanya kesesuaian antara yang dikatakan dengan yang dilakukan.
b.      Konsistensi orientasi, syakni adanya kesesuaian antara pandangan dalam satu hal dengan pandangan dalam bidang lain.
c.      Konsistensi pola hidup sederhana, yakni sikap mental yang selalu memelihara kesucian diri, beribadah, hidup sederhana, rela berkorban untuk kebaikan dan selalu bersikap kebajikan yang pada hakikatnya adalah cerminan akhlak yang mulia.
 Akhlak tidak diragukan lagi memiliki peran yang sangat besar dalam kehidupan manusia.hakikat akhlak memang bersifat individual namun berlaku dalam konteks bermasyarakat. Karenanya pembinaan akhlak dimulai dari sebuah gerakan individual yang kemudian diproyeksikan ke individu-individu lain, jika semua akhlak sudah tercerahkan maka dengan sendirinya akan mewarnai kehidupan bermasyarakat. Dan pembinaan akhlak ini harus dilakukan sedini munkin yakni berawal dari keluarga sehingga sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak. Hal ini bertujuan untuk terciptanya peradaban masyarakat yang tentram dan sejahtera.

3.      2. Metode Pendidikan Akhlak dalam Al-Qur’an
Islam memandang akhlak sangat penting dalam kehidupan di dunia,

4.      Pentingnya Keteladanan Orang Tua Pada Tahun-tahun Pertama
Peran wanita sebagai ibu dalam membentuk inteletualitas dan moralitas anak telah ada sejak bayinya dalam kandungan. Sebagaimana dikemukakan dalam ilmu medis dan kedokteran, bahwa janin mendapatkan makanan dari ibunya melalui plasenta. Apa yang dimakan dan diminum oleh ibunya akan ditrasnmisikan oleh plasenta kedalam tubuh janin. Apabila ibu itu memakan makanan yang sehat, halalan thayyiban, baik secara material maupun prosedurer (cara memperoleh rezkinya), maka janin itu pun akan mendapatkan menu yang sehat pula, sebaliknya, jika ibunya meminun racun seperti menghisab rokok (nekotin) dan meminum yang memabukkan (alkohol), janin pun tak dapat menolaknya. Ini artinya setiap tindakan, perilaku dan cara berinteraksi ibu memberikan pengaruh yang besar bagi janin dan perkembangannya di masa-masa mendatang. Jika tindakan-tindakan atau cara berinteraksi ibunya baik, maka akan membentuk intelektualitas dan moralitas anak yang baik di masa depannya. Sebaliknya, jika tindakan-tindakan atau cara berinteraksi ibunya tidak baik, maka akan buruk bagi perkembangan anak di masa depannya. Pendeknya, syurga dan neraka yang akan ditemukan anak sangat tergantung pada tindakan seorang ibu kepada anaknya, terutama ketika anak-anak masih dalam kandungan.
Menjadi orang tua merupakan pengalaman yang menabjubkan, tapi juga merupakan tanggung jawab yang sangat besar. Apa yang kita lakukan hari ini terhadap anak akan memberikan pengaruh yang mendasar bagi perkembangan anak dimasa mendatang, hal ini juga dijelaskan oleh Rasulullah saw dalam hadistnya yaitu :
كُلُّ مَوْلُوْدٍ يُوْلَدُ عَلَ اْلفِتْرَةِ فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ أَوْ يُنَصِّرَانِهِ أَوْ يُمَجِّسَانِهِ.
Setiap manusia dilahirkan dalam keadaan suci, tergantung orang tuanya mau menjadikannya apa, majusi, nasrani atau yahudi
Hadist ini menjelaskan tentang besarnya pengaruh orang tua dalam membentuk karakter dan akhlak anak, sebab anak yang dilahirkan itu masih suci dan tidak tau apa-apa, dan hidup dalam lingkungan keluarga maka orang tuanyalah yang pertama kali mengajari dan dicontoh oleh anak. Maka apapun yang dilakukan oleh orang tua, secara sadar ataupun tidak akan diteladani oleh anak.
Hal ini juga dijelaskan dalam teori tabularasa oleh Jhon Lock bahwa setiap anak yang lahir itu bagaikan kertas putih yang bersih maka tergantung orang tuanyalah mau menulis dan menjaddikannya apa. Hal ini membuktikan bahwa peran orang tua terhadap anak sangatlah besar, oleh karena itu orang tua dituntut untuk dapat memberikan keteladanan yang baik bagi anak-anaknya.
Sebagai orang tua sebaiknya kita melakukan hal-hal berikut: (Abdul Majid,  dan Dian Andayani, 2011: 117) 
a.       Tunjukan keteladanan yang baik kepada anak
b.      Arahkan dan bimbing anak untuk selalu melakukan hal-hal positif
c.       Berikan motivasi kepada anak
d.      Tanamkan niat yang tulus kepada anak
e.       Tunjukan bahwa semua hal tidak bisa didapat secara instan, tapi melaui proses dan usaha serta do’a
f.       Ingatkan anak untuk selalu berbuat kebaikan
g.      Sentuhlah hatinya dengan kasih sayang agar anak mencintai kebaikan.
Masa anak-anak merupakan masa pembentukan watak yang utama. Apabila seorang anak dibiarkan melakukan sesuatu yang kurang baik dan kemudian telah menjadi kebiasaanya, maka sangat sukar untuk meluruskannya. Seperti pepatah bijak mengatakan ”barangsiapa membiasakan sesuatu semenjak kecil, maka dia akan terbiasa dengannya hingga dewasa. Imam Al-ghazali juga  mengatakan bahwa anak-anak merupakan amanah bai kedua orang tuannya. Hatinya yang masih suci merupakan mutiara yang masih polos tanpa ukiran dan gambar. Dia siap diukir dan cenderung kepada apa saja yang mempengaruhinya. Jika dia dibiasakan dan diajarkan untuk berbuat kebaikan, di akan tumbuh menjadi anak yang baik. Dengan begitu, kedua orang tuanya sangat berperan dalam membimbing dan mengarahkan anaknya agar terbentuk intelektualitas dan moralitas anak yang baik.
Orang tua merupakan pendidik utama dan pertama bagi anak-anak mereka, situasi pendidikan itu terwujud berkat adanya pergaulan dan hubungan pengaruh mempengaruhi secara timbal balik antara orang tua dan anak.
Keteladanan orang tua khususnya ibu merupakan bagian terpenting dalam membentuk karakter anak, karakter keluarga. Karena waktu kebersamaan ibu dengan anak lebih banyak dibandingkan dengan ayah. Dimulai sejak anak masih berada di dalam kandungan.
Orang tua memegang peranan yang sangat penting dan amat berpengaruh dalam pendidikan awal sebagai pembentuk karakter dan akhlak setiap anaknya, karena sejak anak dilahirkan orang tuanyalah yang pertama kali berada disampingnya. Oleh karena itu ia mencontoh atau meneladani setiap yang dilakukukan orang tuanya.
Hal ini juga dijelaskan oleh Allah Swt dalam firman-Nya yang artinya: Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan”. (QS At-Thahrim: 6)
Al Ghazali dalam teori aklaknya juga menegaskan bahwa pentingnya membina akhlak yang baik pada anak usia dini. Sebab anak adalah amanah bagi orang tuanya, dan setiap anak itu mengikuti apa-apa yang menjadi kecendrungannya. Jadi jika anak mengikuti yang baik maka ia akan mencapai kehidupan yang bahagia dunia dan akhirat dan orang tuanyapun memperoleh pahalanya. Sedang jika anak mengikuti akhlak yang buruk ia akan menderita dunia dan akhirat sementara orang tuanya juga ikut menanggung dosanya. (Imam Abdul Mukmin Sa’aduddin, 2006: 15)

5.      Implementasi Keteladanan Orang Tua Terhadap Akhlak Anak
Keteladanan mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembinaan akhlak islami terutama pada anak-anak. Sebab anak-anak itu suka meniru orang-orang yang mereka lihat baik tindakan maupun budi pekertinya.
Ketika Rasulullah bersama Siti Khadijah mengerjakan sholat, Sayyidina Ali yang masih kecil datang dan menunggu sampai selesai untuk kemudian menanyakan  apakah yang sedang mereka lakukan ?. dan Rasulullah saw menjawab “Kami sedang menyembah Allah, Tuhan pencipta Alam dan seisinya, lalu Ali Spontan mengatakan ingin bergabung. Hal ini menunjukkan bahwa keteladanan dan kecintaan kita pada anak akan mempercayai tindakan dan perilaku orang tuanya. Memberikan keteladanan pada anak secara tidak langsung akan membentuk akhlak anak.  (Abdul Majid,  dan Dian Andayani, 2011: 117) 
Hal ini juga dijelaskan oleh Rasulullah dalam hadist yang artinya “Seseorang itu akan sama  dengan orang yang dicintainya, dan baginya apa yang di usakannya” (HR. Turmudzi). Dalam hadist ini dapat kita lihat bahwa seseorang atau anak akan sama dengan orang yang dicintainya, dalam hal ini orang yang paling dicintai anak  adalah orang tuanya sendiri, oleh karena itu seorang anak akan mengidolakan orang tuanya dan berharap bisa menjadi seperti orang tuanya.

  

C.     PENUTUP
1.      1. Kesimpulan
Konsep keteladanan ini sudah diberikan dengan cara Allah SWT mengutus Nabi Muhammad Saw untuk menjadi panutan yang baik bagi ummat islam sepanjag sejarah dan bagi manusia sepanjang masa. Untuk itu para orang tua harus lebih memahami tentang keteladanan ini, agar anak-anaknya memiliki akhlakul karimah.
Orang Tua yang sukses bukan diukur dari banyaknya anak yang lahir, bukan diukur dari gelar-gelar yang diperpoleh anak, dan lain-lain. Namun ibu yang sukses adalah ibu mampu mengantarkan anaknya ke depan pintu gerbang surga.
2.      2. Saran
Dari penulisan makalah ini penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan, baik dari segi penulisan maupun isi makalah. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca terutama dewan juri demi kesempurnaan makalah ini.

D.    DAFTAR KEPUSTAKAAN
Santoso, Ananda. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Pustaka Dua

Chalke, Stave. 2005. Kiat-Kiat Menjadi Orang Tua Teladan. Jogjakarta:
Inspirasi Buku Utama

Sudiyono. 2009. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta.

Majid, Abdul dan Andayani, Dian. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif
Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sa’aduddin, Imam Abdul Mukmin. 2006. Meneladani Akhlak Nabi. Bandung:
Remaja Rosdakarya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar